PENTINGNYA BERCENGKERAMA DGN ANAK

Seorang dokter yg bertugas di sebuah desa sedang berkeliling ke rumah warga lalu mampir di seorang petani, ia terkesan oleh kepandaian dan sikap ramah dari anak si petani yg menyambut kedatangannya.
Usianya kira-kira 5th, sang dokter penasaran mengapa anak itu begitu ramah. Tak lama ia menemukan jawabannya, saat ibu anak itu tengah sibuk di dapur mencuci piring-piring dan perkakas dapur yg kotor, si anak datang kpdnya dgn membawa sebuah majalah:

“Bu, apa yg sdg dilakukan pria dlm foto ini?” tanyanya.

Sang dokter tersenyum kagum ketika melihat ibu anak itu segera mengeringkan tangannya, duduk di kursi, memangku anak itu dan menghabiskan waktu selama sepuluh menit utk menerangkan serta menjawab berbagai pertanyaan buah hatinya.

Setelah anak itu beranjak pergi sang dokter menghampiri ibu itu dan berujar,”Kebanyakan ibu tdk mau diganggu saat ia sedang sibuk? Mengapa ibu tidak seperti itu?”

Dgn senyum si ibu menjawab,
“Saya msh bisa mencuci piring dan perkakas kotor itu selama sisa hidup saya, tetapi pertanyaan-pertanyaan polos putra saya mungkin tidak akan terulang sepanjang hidup saya.”

JANGANLAH KITA SBG ORG TUA MENJADI TERLALU SIBUK DGN blackberry, PEKERJAAN, HOBI, HEWAN KESAYANGAN DAN LAIN-LAIN SAMPAI-SAMPAI BEGITU SEDIKIT BAHKAN…. TDK ADA WAKTU TERSISA UNTUK BERCENGKRAMA, BERBICARA, BERMAIN BERSAMA DGN ANAK..
Jika anak menghampiri kita dan ingin mengajak berbicara, sebaiknya “Hentikan” apapun yg sdg kita lakukan dan jadilah pendengar yg baik bagi dia. Sadarlah bahwa mungkin itu tidak akan pernah datang lagi. Kita tahu bahwa anak-anak kita sedang tumbuh besar saat mereka mulai mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang semakin kritis dan kreatif  :).  Jangan sia-siakan waktu yg tak pernah kembali…

Tinggalkan komentar